Pulau Es Raksasa Terlepas dari Gletser Greenland

telegraph.co.uk

Sebuah pulau es seukuran empat kali luas Manhattan telah lepas dari salah satu di antara dua gletser utama Greenland. Peristiwa itu yang terbesar di Kutub Utara selama hampir 50 tahun.

Pulau es yang baru itu, yang lepas pada hari Kamis, akan memasuki sebuah tempat terpencil yang disebut Selat Nares, sekitar 620 kilometer selatan Kutub Utara antara Greenland dan Kanada.

Pulau es itu seluas 100 mil persegi dan memiliki ketebalan sampai setengah tinggi dari Empire State Building, kata Andreas Muenchow, profesor ilmu kelautan dan rekayasa di University of Delaware.

Muenchow mengatakan dia telah memperkirakan sebuah bongkahan es terlepas dari gletser Petermann, salah satu dari dua gletser terbesar di Greenland, karena telah tumbuh selama tujuh atau delapan tahun. Tapi dia tidak memperkirakan menjadi begitu besar.

“Air tawar yang disimpan dalam pulau es ini bisa menjaga Sungai Delaware atau Sungai Hudson mengalir selama lebih dari dua tahun,” kata Muenchow.

“Ia juga bisa menjamin pasokan air keran publik AS mengalir selama 120 hari.”

Dia mengatakan sulit untuk menilai apakah peristiwa itu terjadi akibat pemanasan global, karena catatan air laut di sekitar gletser hanya tersimpan sejak tahun 2003.

Aliran air laut di bawah gletser adalah salah satu penyebab utama pelepasan es dari Greenland.

“Tidak ada yang bisa mengklaim hal ini disebabkan oleh pemanasan global. Di sisi lain tidak ada yang dapat mengklaim bahwa itu bukan karena pemanasan global,” kata Muenchow.

Para ilmuwan mengatakan enam bulan pertama dari tahun 2010 telah menjadi rekor global terpanas. Pola cuaca El Nino telah memberikan kontribusi untuk suhu yang lebih tinggi, tapi banyak ilmuwan mengatakan peningkatan kadar gas rumah kaca buatan manusia yang mendorong temperatur lebih tinggi.

Pulau es bisa sekering tanah, memecah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, atau perlahan-lahan bergerak ke selatan.

Terakhir kali seperti sebuah pulau es besar terbentuk di Greenland adalah pada tahun 1962 ketika Ward Hunt Ice Shelf melahirkan sebuah pulau.

Potongan kecil dari potongan itu terjepit di antara pulau-pulau di Selat Nares.

Pada bulan Februari, sebuah gunung es seukuran Luksemburg terlepas di Antartika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s