Sekolah Terbaik di Indonesia

Oleh KI SUPRIYOKODI dalam artikelnya “America’s Best High Schools”, baru-baru ini Newsweek mengumumkan hasil studinya tentang 1.000 SMA terbaik di Amerika Serikat (AS), “1,000 Top U.S. Schools”. Dalam daftar sekolah terbaik ini masyarakat AS pada khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya dapat mengetahui kualitas SMA di AS; setidak-tidaknya versi Newsweek.

Berdasar pada publikasi tersebut di atas, SMA terbaik di AS saat ini adalah SMA Jefferson Country yang berlokasi di daerah Irondale, Alabama (ke-1); menyusul kemudian SMA International Academy yang berlokasi di daerah Bloomfield Hills, Michigan (ke-2); serta SMA Stanton College Preparation yang berlokasi di Jacksonville (ke-3); dan seterusnya. Urutan ke-100 SMA terbaik di AS adalah SMA Grapevine yang berlokasi di daerah Grapevine, Texas.

Dengan mengetahui urutan kualitasnya, di samping bertambah banyak informasi yang diperoleh maka masyarakat lebih terbimbing dengan pertimbangan yang lebih kaya dalam mengakses sekolah. Untuk memilih sekolah dalam rangka kelanjutan studi misalnya; masyarakat lebih mudah menentukan pilihan sesuai keinginannya.

Bagaimana di Indonesia?

Kalau sekolah terbaik di AS diumumkan secara terbuka; bagaimanakah di Indonesia? Justru di sinilah masalahnya. Selama ini publikasi mengenai sekolah terbaik di Indonesia jarang atau sama sekali tidak pernah dilakukan baik oleh instansi swasta, termasuk majalah dan koran swasta, maupun oleh pemerintah sendiri yang dalam hal ini departemen pendidikan.

Standar nasional untuk menyelenggarakan lembaga pendidikan telah dibuat, pedoman menyelenggarakan sekolah yang benar pun telah disosialisasi; namun ketika masyarakat menanyakan di mana contoh sekolah yang baik dan terbaik maka sulit menemukan jawabnya.

Kiranya sekarang sudah tiba saatnya pemerintah mengumumkan secara transparan daftar sekolah terbaik menurut urutannya; misalnya saja ditentukan daftar 100 SMA terbaik secara nasional berdasarkan urutan mutunya. Dalam hal ini diasumsikan bahwa sekolah terbaik adalah sekolah yang mutunya tinggi.

Kalau bicara SMA; sekarang ini kita memiliki 8.899 sekolah, terdiri dari 3.634 atau 40,8 persen sekolah negeri dan 5,265 atau 56,2 persen sekolah swasta. Dari keseluruhan sekolah ini, Depdiknas dapat menentukan 100 sekolah terbaik secara nasional dan diperingkat berdasarkan kualitasnya secara transparan. Dengan demikian, masyarakat dapat mengetahui SMA terbaik di negeri ini secara transparan juga.

Kriteria apa yang dipakai untuk menentukan SMA terbaik?

Karena kita telah memiliki PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang mengatur penyelenggaraan pendidikan yang standar di Indonesia, PP ini dapat dijadikan pedoman. Artinya, SMA terbaik yang dipilih hendaknya memenuhi standar pendidikan yang telah ditentukan di dalam PP.

Berdasarkan PP tersebut terdapat 8 standar dalam penyelenggaraan SMA sebagai lembaga pendidikan formal: masing-masing adalah 1. standar isi; 2. standar proses; 3. standar kompetensi lulusan; 4. standar pendidik dan tenaga kependidikan; 5. standar sarana dan prasarana; 6. standar pengelolaan; 7. standar pembiayaan; dan 8. standar penilaian pendidikan.

Tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan misalnya; di dalam Pasal 29 ayat (4) secara jelas disebutkan bahwa pendidik pada SMA/MA atau bentuk lain yang sederajat memiliki: a. kualifikasi akademik pendidikan minimum diploma empat (D-4) atau sarjana (S-1); b. latar belakang pendidikan tinggi dengan program pendidikan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan; dan c. sertifikat profesi guru untuk SMA/MA. Jadi kalau ada SMA yang tidak dapat memenuhi kualifikasi akademik seperti ini, jangan dipilih sebagai SMA terbaik. Ini baru satu jenis standar pendidikan; belum lagi menyangkut tujuh standar yang lainnya.

Bagaimana kalau yang memenuhi standar pendidikan terdapat lebih dari 100 SMA? Standar pendidikan hanyalah merupakan kualifikasi mininum; selebihnya dapat dipertimbangkan dengan aspek lain, misalnya sejauh mana prestasi akademis dan nonakademis yang pernah dicapai oleh sekolah yang bersangkutan.

Setiap provinsi

Penentuan 100 SMA terbaik di Indonesia bisa jadi akan menghasilkan nama-nama sekolah di Pulau Jawa, mengingat pendidikan di Jawa umumnya lebih maju daripada di luar Jawa. Kalau ini terjadi, akan menyulitkan sekolah di luar Jawa untuk belajar dari sekolah terbaik tersebut; pasalnya kalau daftar nama sekolah terbaik sudah diumumkan, nama-nama tersebut tentu akan dikunjungi oleh banyak tamu untuk belajar. Kesulitan tersebut dapat dikompensasi dengan menentukan 5 SMA terbaik di masing-masing provinsi.

Di AS sendiri juga terdapat nama-nama SMA terbaik pada masing-ma-sing provinsi atau negara bagian (state); misalnya saja di Texas kita dapat membaca nama-nama SMA Magnet di daerah Dallas, SMA Highland Park di daerah Dallas, SMA Science Academy of South Texas di daerah Marcedes, SMA Westlake di daerah Austin, SMA Westwood di daerah Austin, dan seterusnya.

Kita pasti bisa menentukan 5 SMA terbaik setiap provinsi; misalnya dari 498 SMA di DKI Jakarta ditentukan lima sekolah; dari 762 SMA di Sumatra Utara ditentukan lima sekolah; dari 195 SMA di Kalimantan Timur ditentukan lima sekolah; dari 103 SMA di Papua ditentukan lima sekolah; dan seterusnya. Keuntungan daftar SMA terbaik masing-masing propinsi ini untuk mempermudah proses pembelajaran dan studi banding dari sekolah-sekolah yang tidak masuk dalam daftar.

Penentuan SMA terbaik tersebut bisa dilakukan untuk satuan pendi-dikan yang lain; seperti SMK, SMP, SD, TK, dan bisa juga untuk madrasah. Penentuan nama-nama sekolah terbaik di Indonesia ini akan membantu masyarakat dalam memahami sekolah yang kita miliki!!***

Sumber: Pikiran Rakyat

One thought on “Sekolah Terbaik di Indonesia

  1. sita mengatakan:

    lalu kira2 sekolah yg mn yg jd skolh terbaik d indonesia brdsrkn stndar ny?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s