Aset Bangsa Oleh: Muhammad Faizal Muttaqin

Budaya adalah sesuatu yang dapat dijadikan sebagai aset yang tak ternilai harganya atau sebagai identitas diri suatu bangsa.Bangsa dibedakan secara komersial menurut ciri khas budaya yang mereka miliki.Dalam suatu Negara, umumnya terdiri dari beranekaragam adat budaya yang mereka miliki.Contohnya Indonesia ,sebagai warga negaranya tentu kita tahu bahwa  Negara kita tercinta ini terdiri dari berbagai suku bangsa yang secara langsung membuat Indonesia kaya akan adat budaya yang dimiliki oleh bangsanya.

Hal itu dapat terlihat dari berbagai macam budaya yang telah menjadi asas hidup bangsa Indonesia. Salah satunya adalah batik, batik merupakan sesuatu yang telah mendarah daging dalam diri bangsa Indonesia.Hal itu membuat batik menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan oleh bangsa Indonesia dijadikan sebagai simbol keindahan,kehormatan,kekreatifitasan dan keluhuran budi.

Batik identik dengan sesuatu yang ditampilkan melalui hasil karya yamg diakui bersama oleh bangsa Indonesia.Ini membuat  batik tampak lebih bermartabat dan lebih berharga di mata dunia,terbukti telah disahkannya batik sebagai warisan budaya asli milik Indonesia oleh UNESCO di bawah  naungan PBB pada 1 Oktober 2009 di Abhu Dhaabi, UEA.Dan hari tersebut ditetapkan sebagai Hari Batik oleh pemerintah RI, sekaligus membuktikan bahwa batik adalah murni budaya milik bangsa Indonesia.

Penyebaran dan perkembangan batik, membuat batik mempunyai cirri khasnya sendiri yang membuat dunia yakin bahwa batik adalah asli milik bangsa Indonesia.

Jika dilihat dari cara pembuatannya,batik dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Batik Tulis.
  2. Batik Cap.

Dan dilihat dari daerah asal dan motifnya, batik dibedakan menjadi:

  1. Batik Yogyakarta.
  2. Batik Solo.
  3. Batik Pekalongan.
  4. Batik Jambi.
  5. Batik Cirebon.

Yang membuat batik terlihat indah adalah cara pembuatan dan motifnya yang menjadikan bangsa pembuatnya tampak luhur dan bermartabat.

Tapi dimana ada sesuatu yang berharga, pasti ada pula sesuatu yang mengincarnya untuk dieksploitasi sekehendak hati.Dan hal ini  harus dijadikan sebagai pelajaran bagi generasi penerus untuk terus menjaga dan melestarikan batik sebagai warisan budaya asli milik bangsa Indonesia.

“KENALI, CINTAI NEGRIMU! LESTARIKAN BUDAYAMU! LUHURKAN BAHASAMU!”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s